Posted by : cuma coba doang
Senin, 29 April 2013
A. Konsumen
1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen?
Hal-hal yang mendorong para konsumen untuk membeli barang
berharga jual rendah.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam
oleh sebuah perusahaan atau industri?
Karena perilaku konsumen sangat berpengaruh terhadap
pembuatan produk, penyesuaian harga produk, mutu produk, kemasan dan sebagainya
agar dalam penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan bagi para konsumen
serta untuk meningkatkan pemasukan perusahaan.
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa
perilaku konsumen?
·
Pendekatan interpretif
Pendekatan ini mempelajari secara mendalam perilaku konsumsi dengan cara
wawancara panjang dan focus group discussion agar dapat mempelajarinya lebih
mendalam lagi.
·
Pendekatan tradisional
Pendekatan ini didasari oleh metode dan teori dari ilmu psikologi
kognitif, social dan behaviorial serta ilmu sosiologi. Bertujuan untuk
mendalami perilaku dan pembuat keputusan konsumen .
·
Sains pemasaran
Pendekatan
ini didasari oleh teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Bertujuan
untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola
konsumsi konsumen.
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
·
Motivasi
·
Persepsi
·
Pembentukan sikap
·
Integrasi
5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Dengan cara mempelajari lebih mendalam perilaku konsumen
yang sedang terjadi dan melakukan pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam
analisa perilaku konsumen. Serta mencari ide baru yang kreatif dengan harga
yang sesuai dengan mutu serta kualitas yang baik.