Posted by : cuma coba doang Jumat, 07 Juni 2013


Sebenernya ini anime udah lama banget. Kira-kira dari aku sd kelas 6 deh kayaknya. Anime ini ada versi manganya loooh. Tapi kali ini aku bakalan membahas tentang animenya aja. Sampai saat ini masih terdiri dari 3 season yakni :

      1.       Full metal panic!
2.       Full metal panic! Fumoffu!
3.       Full metal panic! The second raid!


1.full metal panic!



Menceritakan pertama kalinya pertemuan chidori kaname dengan sagara sousuke. Di awal perkenalan pertamanya sebagai murid pindahan, sagara sousuke adalah orang yang sangat kaku dan terlihat freak terhadap senjata, arm selve dan peperangan. Ia membuat heboh semua anak kelasnya setiap waktu dengan tingkahnya yang konyol dan dianggap tidak biasa itu. Terutama chidori kaname selaku ketua kelas yang harus bertanggung jawab atas kelakuan sagara itu. Konflik pertama dimulai saat terjadi pembajakan pesawat terbang yang digunakan oleh sekolahan mereka dalam tujuan darma wisata. Di sana pesawat itu mendarat di rusia atas perintah para pembajak. Di rusia, para pembajak itu menyandra kaname saja. Di saat proses penyandraan itu, sagara secara diam-diam menghubungi “mithryl” untuk meminta bala bantuan untuk mengangkut semua orang yang ada di dalam pesawat. Di sana terkuaklah keistimewaan dari kaname yang disebut whisper. Whisper adalah seseorang yang mempunyai mithryl sebagai rasa terimakasih karna telah membantu mithryl dalam berbagai kesulitan yang ada.
Konflik kedua pun dimulai didalam markas mithryl yang berada di dalam laut. Di jamannya teknologi kapal selam mithryl adalah yang terhebat, bahkan di juluki dengan “ kapal selam hantu”. Di markas terjadi tragedy yang menewaskan beberapa awak kapal. Ketika situasi sudah tidak terkendali, tessa selaku captain, meminta kepada kaname untuk mengambil alih kapal selam. Menggunakan telepati yang hanya digunakan sesama whisper akhirnya kaname menemukan ruang kendali kapal. Dan pertarungan sesame AS pun tak dapat dihindari. Dengan hasil akhir kemenangan di pihak mithryl namun menyisakan duka yang cukup mendalam bagi warga mithryl.

2. full metal panic! Fumoffu


Season fumoffu ini lebih di fokuskan pada genre komedi. Dimana tidak ada konflik berarti yang dapat membuat sedih seperti di season sebelumya. Fumoffu ini lebih menceritakan tentang kehidupan sehari-hari kaname dan sagara sebagai pelajar biasa.

3.full metal panic! The second raid


Season ini lebih menampilkan sisi kejam dari dunia kemiliteran. Dimana darah berceceran dan cara pembunuhan yang sadis dengan wajah datar. TSR ini lebih dipusatkan di hongkong sebagaimana tempat mafia berada. Di hongkong terjadinya penampakan “fenom” jenis AS terbaru yang mempunya lamda driver seperti arbalest kepunyaan sagara. Di ceritakan pula tentang kegundahan hari sagara tentang misi dan masa depannya. Puncaknya ketika ia bertemu dengan ‘gauron’. Musuh yang pernah memperkerjakannya. Gauron pun memberinya julukan ‘ the don of tiger’ yang merupakan pembunuh berdarah dingin. Gauron sangat mengagumi mata ‘kashim’ (sebutan sagara) yang menurutnya sangat indah. Menurut gauron mata sagara berubah semenjak sagara bertemu dengan kaname. Dan gauron berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia akan merubah mata sagara seperti dulu dengan cara membunuh kaname. Tentu saja aksi gauron dibantu oleh orang lain dikarenakan kondisinya yang tidak memungkinkan akibat pertarungannya dengan sagara beberapa waktu lalu. Aksinya dibantu oleh si kembar yu fei dan yu fang yang menurutnya mempunyai mata yang sama seperti kashim yang dulu. Namun tak disangka fei (yang mempunyai seni keahlian beladiri ) mati dalam menjalankan misinya untuk membunuh kaname. Dikarenakan dengan kemunculan leonard yang menolong kaname. Setelah cek nd ricek, ternyata leonard adalah seorang whisper dan kakak dari captain tessa. Leonard mempunyai pengetahuan di bidang yang sama dengan kaname yakni arm selve. Bedanya kalau kaname tentang lamda driver sedangkan leonard tentang pembuatan robot pintar yang seukuran manusia. Kemajuan teknologi lagi, eh? Sedangkan yu fang yang mempunyai keahlian dalam mengendalikan AS di tugaskan oleh ‘sensei’nya untuk membuat hongkong menjadi kota lautan api, harus berhadapan dengan bossnya sebelumnya yang ternyata mempunyai 5 ‘fenom’ untuk membunuh yu fang yang  telah berhianat.
Untuk cerita lebih lanjut nonton aja ya TSR! Seru deh! Tapi lebih sadis dari pada sebelum-sebelumnya. Kalo pengen cerita yang lebih kompleksnya, ada di manga, masih on going kok. Di manga dijelasin juga tentang masa lalu leonard. Sebenernya sih aku belom baca versi manganya. Abisnya dah ketinggalan jauh sih T.T
Anime ini lumayan berat sih. Karna setiap season masih gantung, apalagi yang TSR. Aku penasaran banget sama leonard yang misterius yang baru muncul di TSR ><
Oh ya, full metal panic ada light novelnya looh. Tapi masih bahasa inggris. Mungkin segini aja referensi and sinopsisnya. Gak terlalu detail sih, kalo detail bisa keriting juga jari. Hehehe ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
cuma coba doang
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Copyright © cuma coba doang -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan